5 Tips Biar Cepat Menurunkan Berat Badan

5 Tips Biar Cepat Menurunkan Berat Badan

Mempunyai berat yang ideal adalah harapan semua orang. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu cara yang tepat untuk menguranginya. Kebanyakan orang berkutat pada diet yang rumit, padahal ada kebiasaan yang bisa membantu kita agar tidak kegemukan.

Dilansir dari HealthEssentials, ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Apa saja itu?

1. Jangan lewatkan sarapan

Makan pagi dengan protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang akan memberimu tenaga yang dibutuhkan sepanjang hari.

Beberapa studi menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi di pagi hari akan menahan keinginan untuk makan berlebih setelahnya.

Makanlah setidaknya 10 gram protein pada saat sarapan. Beberapa sumber protein seperti telur, roti panggang dengan selai kacang, dan yogurt dapat menjadi pilihan.

2. Makanlah dalam porsi yang sedikit, atau atur waktunya

Kamu dapat memilih beberapa opsi ini; makan berat tiga kali ditambah dua atau tiga kali makan ringan, lima atau enam kali makan dengan porsi yang sedikit dalam sehari, atau makanlah setiap tiga sampai empat jam sekali.

Beberapa pilihan tersebut menjaga metabolisme dan kadar gula darahmu stabil.
Selain itu, berpuasa atau mengatur waktu makan hanya pada jeda waktu tertentu adalah pilihan lain yang dapat kamu lakukan.

Studi menunjukkan bahwa berpuasa dapat menurunkan resiko penyakit dan dapat menurunkan berat badan.

3. Tambahkan intensitas olahraga

Berolahraga dengan teratur sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi, jika kamu ingin menurunkan berat badan, berolahraga dengan intensitas yang lebih banyak agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan jalan kaki 90 menit tapi hanya sesekali.

Latihan beban tiga kali seminggu akan membantumu meningkatkan massa otot, serta mempercepat metabolisme tubuh. Hal itu juga akan menurunkan berat badan lebih mudah.

4. Makanlah sampai tidak lapar, bukan sampai kenyang

Ketika kamu merasa kenyang, itu berarti tubuhmu sudah berlebihan bahan bakar. “Tubuhmu tidak memerlukan makanan berlebih. Makanlah hanya ketika kamu lapar” kata Kirkpatrick, seorang ahli gizi.

Jumlah karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh tergantung pada beberapa faktor, seperti aktivitas, usia, dan tinggi badan.

Cara makan lain yang dapat digunakan adalah memulai dengan porsi yang lebih besar (saat sarapan) dan diakhiri dengan yang kecil. Kurangi porsi makanmu seiring berjalannya hari.

5. Hindari “emotional eating”

Emotional eating adalah ketika kamu makan karena sedang stres atau hanya untuk mendapat kesenangan, bukan karena lapar.

“Beberapa orang makan ketika tidak sedang lapar atau menginginkan makanan tertentu hanya untuk menyenangkan dirinya” tambah Kirkpatrick. Ini merupakan hal yang bisa menyebabkan kegemukan.

Karenanya dalam usaha untuk menurunkan berat badan, kita sebaiknya mengendalikan stres dan depresi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger