Kapan Perlu Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks?

Kapan Perlu Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks?

Cegah kanker serviks dengan vaksin. Tapi, kapan waktu yang tepat untuk wanita mendapatkan kanker serviks?

Kanker serviks masih menjadi ancaman bagi para wanita. Salah satu pencegahan penyakit ini adalah dengan vaksin HPV. Lalu, kapan wanita perlu vaksin HPV untuk mencegah penyakit ini?

Salah satu cara untuk mencegah kanker serviks adalah dengan mendapatkan vaksin HPV. Ini dilakukan sebelum melakukan kontak seksual jenis apa pun. 

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, itu bertujuan agar wanita belum terpapar kuman HPV. Maka, sebaiknya sebelum melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya, setiap wanita harus sudah melakukan vaksinasi HPV.

Oleh karena itu, usia pemberian vaksin HPV yang direkomendasikan tergolong masih muda, yaitu sudah bisa diberikan pada usia sepuluh tahun ke atas. 

Saat ini terdapat 2 jenis vaksin HPV yang amat populer, yakni:
  • Vaksin HPV bivalen
Mengandung kekebalan untuk dua jenis virus HPV yang paling berkaitan dengan kanker serviks, yaitu HPV tipe 16 dan 18.
  • Vaksin HPV tetravalen
Mengandung kekebalan untuk empat jenis virus HPV, yaitu tipe 6, 11, 16, dan 18. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah vaksin HPV untuk usia 10 tahun diberikan dalam tiga dosis. Untuk vaksin jenis bivalen, jarak pemberiannya adalah 0, 1, dan 6 bulan. Sedangkan jarak pemberian untuk vaksin jenis tetravalen yaitu 0, 2, dan 6 bulan.

Namun, bila vaksin HPV diberikan pada anak yang sudah berusia 11-13 tahun, dosis yang diberikan cukup dua kali. Pemberian vaksin kedua dilakukan setelah 6-12 bulan. Satu-satunya hal yang perlu diwaspadai dalam pemberian vaksin HPV adalah adanya riwayat alergi pada pemberian dosis pertama vaksin HPV.

Bila terjadi tanda-tanda alergi berat (anafilaksis), calon penerima vaksin HPV tidak disarankan untuk mendapatkan vaksin di tahap berikutnya. Kondisi yang kerap dikhawatirkan adalah munculnya penyakit ringan seperti diare, batuk, pilek ringan, atau demam ringan setelah vaksin HPV. Berbagai kondisi tersebut tak perlu Anda cemaskan. Anda bisa tetap mendapatkan vaksinasi HPV.

Jadi, itulah waktu yang tepat untuk wanita menerima vaksin HPV. Jangan sampai Anda, para wanita, tidak mendapatkan vaksin tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger