6 Keunggulan Memilih Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

Seiring dengan kebutuhan masyarakat, kini produk asuransi juga merambah ke asuransi berbasis syariah, mulai dari produk asuransi kesehatan syariah hingga asuransi jiwa syariah. Sesuai dengan namanya, produk asuransi ini menggunakan konsep syariah Islam dalam setiap transaksinya.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh produk asuransi berbasis syariah ini, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Konsep tolong menolong
Asuransi syariah menggunakan konsep tolong menolong. Konsep ini hampir sama dengan donasi karena setiap peserta asuransi syariah akan menyetorkan sejumlah premi kepada perusahaan. Nantinya, premi yang dibayarkan ini akan digunakan apabila ada peserta lain yang mengajukan klaim. Begitu juga yang terjadi ketika Anda yang mengajukan klaim. 

2. Konsep risk sharing
Asuransi konvensional menggunakan konsep risk transfer. Jadi, risiko  yang dialami oleh peserta berpindah ke pihak perusahaan asuransi. Sementara itu,  asuransi syariah  menggunakan konsep risk sharing. Konsep ini membuat  risiko tidak sepenuhnya ditanggung oleh pihak asuransi, tapi ditanggung bersama-sama antara pihak asuransi dengan para peserta yang terdaftar.

3. Tidak ada dana hangus
Keunggulan lain yang ditawarkan oleh asuransi ini adalah tidak ada dana yang hangus. Anda sebagai nasabah bisa mendapatkan kembali dana yang telah Anda setorkan meskipun belum  jatuh tempo. Pun ketika  tidak ada klaim yang Anda ajukan hingga masa jatuh tempo, Anda akan mendapatkan kembali sebagian dana yang sudah dibayarkan.

4. Lebih transparan
Asuransi syariah juga dinilai lebih transparan dibandingkan dengan asuransi konvensional. Pasalnya, agen asuransi akan memastikan Anda mengerti sepenuhnya tentang polis yang Anda beli sebelum Anda menandatangani polis tersebut.

Agen asuransi juga akan menjelaskan soal pengelolaan keuangan di perusahaan mereka, sehingga Anda mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi dengan uang Anda setelah dibayarkan kepada pihak perusahaan. Pada intinya, pihak perusahaan akan menjelaskan segala hal yang perlu Anda tahu terkait polis yang Anda beli serta bagaimana mekanisme kerjanya. 

5. Memiliki Dewan Pengawas Syariah
Salah satu hal yang tidak dimiliki asuransi konvensional namun dimiliki asuransi syariah adalah adanya Dewan Pengawas Syariah (DPS). Tugas dari DPS ini adalah memastikan transaksi yang terjadi di perusahaan asuransi sudah sesuai dengan prinsip syariah Islam. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi tentang keabsahan status transaksi yang berjalan sudah sesuai syariat Islam atau belum. 

6. Pembagian keuntungan
Ada pembagian keuntungan untuk para peserta yang ikut asuransi berbasis syariah. Jika sudah memasuki periode tertentu dan ada keuntungan yang tersisa, keuntungan ini akan dibagikan secara rata antara pihak peserta dan pihak perusahaan.

Nah, itulah 6 keunggulan yang ditawarkan oleh asuransi syariah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan semua manfaat di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih asuransi jiwa berbasis syariah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger