4 Bagian Kaki yang Wajib Diperiksa Saat Memilih Mobil Bekas

Inspeksi mobil bekas oleh tim Otospector
Inspeksi mobil bekas oleh tim Otospector
Membeli mobil bekas bukanlah suatu pilihan yang buruk. Mobil bekas justru bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang sedang membutuhkan kendaraan roda empat namun belum memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil dengan keluaran terbaru. Dengan mengeceknya secara teliti dan menggunakan bantuan jasa inspeksi mobil bekas, Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih baik dan tidak kalah dengan kendaraan baru namun dengan harga yang tentu lebih murah.

Salah satu bagian yang cukup penting untuk Anda cek adalah bagian kaki mobil. Bagian ini merupakan komponen yang paling sering mendapat tekanan sehingga akan semakin berkurang fungsinya seiring dengan pemakaian mobil tersebut. Berikut beberapa bagian kaki mobil yang perlu Anda cek dengan lebih teliti.

1. Bushing arm

Bushing arm merupakan sebuah komponen yang berbentuk selongsong besi dengan sokongan karet. Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran pada sambungan antar bagian di kaki-kaki mobil. Bagian ini juga berfungsi sebagai tumpuan antara roda mobil dengan lengan pencengkeram. 

Bushing arm yang rusak akan membuat Anda tidak nyaman ketika mengendarai mobil tersebut dan juga akan menimbulkan suara berisik. Cara memeriksa komponen ini adalah dengan mengamati laju mobil saat Anda mengendarainya. Bushing arm yang bermasalah akan membuat mobil terasa melenceng ke arah kanan atau kiri.

2. Bearing

Komponen kaki selanjutnya yang perlu Anda melakukan cek mobil bekas adalah bearing. Komponen ini berfungsi berpengaruh pada kestabilan mobil ketika dikendarai dan menjadi bantalan untuk roda mobil yang mempengaruhi putaran. 

Cara mengecek bagian bearing ini adalah dengan melihat putaran masing-masing roda mobil secara manual. Jika Anda mendengar suara seperti bergemuruh, maka bearing tersebut sudah tidak berfungsi dengan normal.

3. Shockbreaker

Shockbreaker merupakan bagian yang berfungsi untuk meredam getaran pada mobil ketika digunakan untuk berkendara. Shockbreaker akan kehilangan daya redamnya seiring dengan usia dan pemakaian kendaraan. Jika shockbreaker sudah tidak mampu meredam getaran, maka laju mobil juga tidak akan stabil dan terasa limbung terlebih saat dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. 

Cara deteksi bagian shockbreaker ini adalah dengan mendengar suara bising ketika mobil dikendarai atau mengecek seberapa limbung kendaraan saat dipakai di kecepatan tinggi.

4. Ban

Ban merupakan bagian mobil yang bekerja paling keras dan menjadi bagian yang secara langsung menyentuh aspal jalan. Ini membuat ban membutuhkan perhatian yang lebih agar mobil bisa tetap nyaman. Periksa apakah ban-ban mobil tersebut masih bagus atau sudah mengalami aus. Ban yang sudah aus merupakan tanda Anda harus segera menggantinya.

Itulah beberapa bagian kaki mobil yang harus Anda periksa ketika hendak membeli mobil bekas. Untuk melakukan pengecekan tersebut, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil dari tim Otospector agar bisa mendapatkan mobil bekas terbaik. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger