Berikut Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mewujudkan Indonesia Cinta Membaca

Berikut Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mewujudkan Indonesia Cinta Membaca

Kebiasaan membaca bukanlah hal yang sudah dimiliki oleh segelintir orang sejak dari lahir. Namun, kebiasaan ini adalah hal penting yang harus dilatih dan dipupuk secara perlahan-lahan sejak dini. Oleh karena itu, anda bisa mewujudkan generasi Indonesia cinta membaca dengan cara melakukan beberapa hal seperti berikut.

Tips Jitu Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

1. Menumbuhkan Motivasi

Kebiasaan membaca dapat ditanamkan secara kuat dengan cara memberikan pemahaman yang terbuka kepada anak. Dalam hal ini, anda bisa menjelaskan bahwa membaca adalah hal yang sangat menyenangkan. Tentunya, anda bisa memulai perkenalan ini dengan han yang sederhana dan menyenangkan agar anak tidak merasa terbebani. 

2. Memilih Tema Yang Disukai

Selain itu, pemilihan tema yang disukai oleh anak juga dapat dilakukan untuk membiasakan membaca. Anda bahkan bisa bercerita singkat dan bertanya kepada anak untuk mencari tahu tema yang disukainya. Tentunya, hal ini dapat dilakukan dengan menggali keingintahuan yang dimiliki oleh putra dan putri anda.

Kemudian, anda juga bisa memilih buku-buku yang bersifat ringan dan banyak gambar yang berkaitan dengan tema yang disukai. Buku-buku yang sederhana ini tentu memiliki bahasa yang mudah dan nyaman untuk dipahami. Hal ini bahkan bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan Indonesia Cinta Membaca.

3. Menyisihkan Waktu

Meningkatkan minat baca juga dapat dilakukan dengan menyisihkan waktu yang tepat untuk memulai bacaan. Anda bisa memilih waktu sebelum tidur untuk memulai membiasakan si kecil dengan buku bacaan. Tentunya, waktu ini sangat tepat digunakan karena merupakan waktu yang senggang dan bisa fokus terhadap bacaan.

Membaca buku sebelum tidur bahkan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Membaca buku yang disukai juga dapat menjadi relaksasi dan tidur anda menjadi berkualitas karena pikiran sudah terpusatkan dengan satu hal. Bahkan, anda juga bisa melatih kebiasaan anak dengan cara menerapkan berdongeng sebelum tidur.

4. Mengunjungi Tempat-Tempat Tertentu

Begitu pula, anda juga bisa membiasakan anak untuk membaca melalui kunjungan buku. Anda bisa mengajak anak untuk pergi ke perpustakaan dan toko buku dalam rangka membiasakan kecintaan mereka. Tentunya, anda juga bisa menunjukkan kepada anak tentang buku bacaan yang seru untuk memantik minat baca.

5. Membaca Sambil Bermain

Kegiatan membaca juga bisa dilakukan dengan cara menyenangkan. Anda bisa memanfaatkan momen baca bersama dengan anak, untuk bercerita tentang berbagai hal maupun menggali ilmu dan informasi yang dimiliki oleh si kecil. Selain itu, anda juga bisa menerapkan beberapa metode belajar membaca bersama disini.

Beberapa hal yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini adalah belajar membaca menggunakan karpet huruf, sambil bernyanyi, menggunakan buku cerita bergambar dan media kartu baca. Dalam menggunakan kartu baca, anda bisa memilih jenis kartu yang disukai anak. Tentunya, kartu yang berisi dengan hewan dan tokoh yang disukai dapat memantik anak untuk belajar.

Begitu pula, anda juga bisa mengajak anak untuk belajar membaca sambil bernyanyi. Cara ini adalah cara yang paling efektif karena nada yang ditimbulkan dihadirkan pada cerita seringkali mudah diingat oleh anak. Tentunya, anda bisa melakukan hal ini dengan menunjukkan tulisan dan gambar yang dibaca.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah untuk melatih anak membaca, serta membiasakan diri menyukai buku dan bacaan sejak dini. Tentunya, anda bisa melakukan hal ini dengan memberi motivasi motivasi kecil. Bahkan, hal hal menyenangkan yang dilakukan juga sangat disukai oleh putra putri anda.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger