5 Manfaat Pentingnya Mahasiswa Kuliah Online Selama Pandemi

5 Manfaat Pentingnya Mahasiswa Kuliah Online Selama Pandemi

Pandemi virus corona yang hadir di Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu memang menciptakan keresahan tersendiri. Tidak hanya menyerang sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga mengalami masalah yang tidak kalah serius. Begitu pula dengan pelajar dan mahasiswa yang seharusnya menempuh pendidikan tatap muka di sekolah atau kampus harus mengalihkan sistem pembelajaran offline menjadi online. Mahasiswa wajib menjalankan online learning agar tetap bisa mengikuti prosedur kuliah jarak jauh di rumah saja. 

Manfaat mahasiswa memilih kuliah online 

Kuliah online sudah dilakukan sejak beberapa waktu terakhir untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona di lingkungan kampus. Supaya Anda tetap bisa mengikuti pembelajaran daring lebih efektif, maka ketahui manfaat mahasiswa melakukan pembelajaran daring dari rumah saja yaitu :

1. Lebih praktis dan fleksibel 

Anda yang aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas hingga mengikuti berbagai kegiatan yang positif di kampus, maka kini Anda bisa mengatur waktu lebih baik. Waktu Anda tidak tersita di kampus sejak pagi hingga sore tiba sebab bisa mengakses pembelajaran secara daring saja. 

Anda bisa mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas dari dosen di rumah atau tempat lain selama kondusif untuk belajar. Rebahan di rumah sembari mengerjakan tugas kuliah, kenapa tidak?

2. Bisa punya lebih banyak waktu 

Kini Anda tidak perlu cemas dengan jam kosong di kampus atau menghabiskan banyak waktu untuk menempuh transportasi dari rumah ke kampus dan lain-lain. Waktu yang Anda miliki bisa lebih banyak di rumah saja sehingga Anda bisa menggunakan waktu untuk hal yang bermanfaat. Anda yang terpaksa tinggal di kost atau kontrakan mahasiswa pun, tidak perlu mengalami homesick sebab bisa belajar dari rumah saja.

3. Bisa mengatur waktu belajar lebih efektif

Ada beberapa dosen yang mengharuskan mahasiswa menghadiri kelas secara live, tetapi ada pula yang memberikan tugas secara daring saja. Mahasiswa bisa memanfaatkan manajemen waktu lebih baik dengan mengerjakan tugas dari dosen, menghadiri kelas online hingga memanfaatkan waktu untuk bekerja atau wirausaha. Agenda belajar bisa Anda atur sesuai kebutuhan dan kondisi kuliah masing-masing, kok.

4. Bisa melakukan banyak hal lebih produktif

Meskipun pandemi masih berlangsung, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi. Kini jadwal kuliah bisa Anda atur sesuai kondisi, bisa mengikuti kursus atau pelatihan yang disesuaikan dengan jadwal tanpa takut mengalami bentrok, bimbingan dan skripsi bisa dilakukan jarak jauh, dan banyak manfaat kuliah online yang lain. 

5. Lebih hemat biaya 

Peraturan pemerintah dan kampus memberikan keringanan untuk pembayaran biaya kuliah karena pandemi corona yang masih terjadi. Selain itu, Anda juga bisa menghemat pengeluaran sebab tidak perlu keluar uang transportasi harian atau indekos untuk mahasiswa dari kota lain. 

Dengan belajar dari rumah saja, mahasiswa bisa memiliki tubuh yang lebih baik sebab tidak mudah lelah karena aktivitas padat di kampus. Anda bisa mengikuti pembelajaran atau mengerjakan sembari makan, ngemil atau membuat kopi di rumah. Lebih praktis dan efisien di rumah saja, tetapi Anda tetap mendapatkan pembelajaran berkualitas dan nilai yang optimal. 

Namun, mahasiswa harus tetap aktif belajar dan mencari pengalaman sebanyak mungkin dengan media yang ada selama masa pandemi ini. Mahasiswa yang mampu mengatur waktu dengan baik tidak akan kesulitan belajar dengan modul dan materi yang diberikan dosen. Online learning akan mendukung pembelajaran lebih efektif tanpa risiko tertular virus corona tinggi dibandingkan menghadiri kelas kuliah secara nyata.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Miftah Jazan Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger